SEL

SEL
SEL adalah unit terkecil dari makhluk hidup . Sel dibedakan menjadi tiga bagian utama yaitu : membran sel atau membran plasma , sitoplasma dan nukleus atau inti .
-         Membran sel atau membran plasma
Membran sel merupakan bagian yang membungkus sel sebelah luar yang berfungsi mengatur (protoplasma) . Membran sel bersifat semi permeabel , artinya hanya dapat dilalui oleh air dan zat-zat tertentu , misalnya cairan ,gas atau zat padat terlalut secara osmosis dan difusi.
-         Sitoplasma
Sitoplasma merupakan cairan kental yang didalamnya terdapat partikel kecil yang disebut organel . Organel yang terdapat pada sitoplasma mitokondria ,ribonsom ,retikulum endoplasma , badan golgi . Ribonsom berfungsi sebagai tempat pembentukan lemak dan menghubungkan inti sel dengan sitoplasma . Badan golgi berfungsi untuk mengeluarkan kelebihan protein keluar selaput plasma .
-         Nukleus
Inti sel atau nukleus merupakan bagian sel yang berukuran besar . Inti sel berbentuk bulat ,bulat telur atau tak teratur. Dan dikelilingi oleh sitoplasma . Intisel merupakan bagian penting ,karena sebagai pusat pengaruh kegiatan sel . Didalam nukleus terdapat gen yang berrfungsi sebagai pembawa sifat keturunan .
PERBEDAAN ANTARA SEL HEWAN DAN TUMBUHAN
-         Sel tumbuhan dilindungi oleh dinding sel yang kuat yang disebut selulosa , sedangkan sel hewan tidak berdinding sel.
-         Sel tumbuhan  teradapat kloroplas sebagai tempat fotosintesis , sel hewan tidak terdapat  .
-         Sel hewan memiliki sentrial yang berperan dalam pembelahan sel , sedangkan sel tumbuhan  tidak .
BENTUK SEL HEWAN BERMACAM-MACAM
Ada yang berbentuk bikonkaf (cekung dua sisi) ,misalnya sel darah merah ; tidak beraturan , misalnya sel darah putih ; pipih , misalnya epitel di dinding lambung ; gelendong (cakram) , misalnya sel otot polos .

0 komentar:

Posting Komentar