MEMBACA MEMINDAH BUKU TELEPON


Membaca Memindai Buku Telepon
          Dengan membaca kita dapat memperoleh berbagai informasi. Membaca memiliki jenis bermacam-macam, salah satunya adalah membaca memindai ( scanning ). Scanning atau membaca memindai berarti mencari informasi spesifik secara cepat dan akurat. Memindai artinya terbang di atas halaman-halaman buku. Membaca dengan teknik memindai artinya menyapu halaman buku untuk menemukan sesuatu yangdiperlukan.
          Teknik membaca memindai ( scanning ) adalah teknik menemukan informasi dari bacaan secara tepat, dengan cara menyapu halaman demi halaman secara merata, kemudian ketika sampai pada bagaian yang dibutuhkan, gerakan mata berhenti. Mata bergerak cepat, meloncat-loncat, dan tidak melihat kata demi kata. Dalam kehidupan sehari-hari scanning di gunakan, antara lain untuk : mencari nomor telepon, mencari kata pada kamus, mencari entri pada indeks, mencari angka-angka statistik, melihat acara siaran tv, melihat daftar perjalanan, mencari makna kata dalam kamus/ensiklopedi, dan menemukan informasi tertentu yang terdapat dalam daftar.
          Buku telepon adalah buku yang memuat daftar nomor telepon, baik nomor telepon kantor, rumah, maupun tempat-tempat umum penting lainnya, dan yang di susun berdasarkan alamat dan kode wilayah.
          Daftar buku telepon yang di susun begitu banyak dan di tulis dengan huruf berukuran kecil, membutuhkan pengamatan jeli dan teliti. Cara membaca memindai buku telepon cukup dengan sekali melihat hal – hal pokoknya. Seperti pada kode area dan wilayah, nama, serta alamatnya.

0 komentar:

Posting Komentar